Senin, 20 Februari 2017

Makanan dan Oleh-oleh khas klaten


Setelah berwisata dan berkunjung ke suatu daerah nampaknya belum afdol apabila belum merasakan makanan lokal yang terkenal di daerah tersebut. Apalagi ada makanan kecil atau jajanan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga, pastinya akan menjadi wajib untuk membelinya. Di Kabupaten Klaten juga terdapat berbagai makanan yang dapat dijadikan sebagai oleh oleh buat keluarga dirumah. 

Macam-macam makanan khas di klaten:

1. sop ayam pak min.

Siapa yang belum kenal sop ayam yang satu ini dengan cita rasa yang sangat endes.
2. Ayam panggang klaten.




Ayam panggang ini merupakan kuliner khas yang wajib sekali untuk Anda coba bila sedang berada di Kota Klaten. Ayam panggang khas Klaten ini rasanya sangat gurih dan manis karena dalam proses pembuatannya menggunakan bumbu areh yang terbuat dari bahan rempah-rempah Jawa serta menggunakan santan.
Cara memasaknya pun juga sangat unik yaitu dengan diungkep sehingga menambah kekhasan tersendiri dari pembuatan ayam panggang ini. Apalagi bila makannya ditemani oleh nasi putih yang masih panas dan sambal pedas, pastilah membuat ayam panggang ini begitu nikmat di lidah.
 Anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang terkenal dan legendaris di Klaten yaitu Ny. Anggraini di Jalan Rajawali No. 113 dan Toko Florida di Jalan Pemuda No. 61.


3. BAKMI JOWO.


Kalau bandung punya  seblak klatenpun puya bakmi jowo yang rasannya tak kalah endes.  rasannya yang khas dengan bumbu rempah-rempah menambah cita rasa yang sangat memanjakan lidah.


4. KEPELAN.

Kepelan merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung gandum yang dibumbui oelh bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Bentuk dari makanan ringan ini adalah bulat dan cita rasa yang mendominasinya sangat gurih. Dan biasanya kepelan ini dimakan dengan cocolan saus selagi masih hangat.
Makanan Ringan Kepelan ini berasal dari Desa Keden, Kecamatan Pedan, Klaten. Namun, bila Anda ingin mencobanya tak perlulah jauh-jauh ke sana, Anda bisa membelinya di Alun-alun Kota Klaten karena sudah banyak pedagang yang menjual kepelan ini.
5. NASI TUMPANG LETHOK.

Nasi tumpang lethok ini juga merupakan kuliner khas Klaten yang bisa Anda temukan di sepanjang Jalan Mayor Kusmanto hingga ke daerah perlimaan Bramen ketika pagi hari


Berikut macam oleh-oleh yang bisa kamu bawa dari klaten:


1. kripik belut.


2. jenang krasikkan.



3.kripik paru.
4. Dodol jenang.


Selain berupa makanan dan jajanan, Klaten juga terkenal dengan berbagai macam produk uggulannya, diantaranya adalah :

  1. Tempat Pengecoran logam di Batur, Ceper : temat pembuatan barang kerajinan dari besi baja seperti : lampu hias, kursi taman, manhole dll
  2. Sentra kerajinan gerabah di Kecamatan Bayat
  3. Desa Tlingsing Kecamatan Cawas sentra ATBM atau Alat Tenun Bukan Mesin Kain Lurik Khas Klaten






SEKIAN JANGAN LUPA KUNJUNGI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar