Minggu, 19 Februari 2017

20 tempat wisata untuk spot foto menarik di klaten




Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah , yang juga memiliki segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika kamu mulai bosan di rumah dan memutuskan untuk berliburan ke klaten maka itu merupakan pilihan yang tepat, di jamin kamu tidak akan bosan ataupun kecewa apalagi jika kamu berliburnya dengan sanak saudara, pasangan , bahkan keluarga besarmu pasti liburanmu akan sangat menyenangkan. asal jangan ngajak mantan beserta pacarnya ya,hehehe....


Akomodasi yang ada di kawasan Klaten juga cukup lengkap loh... dari mulai hotel/penginapan, transportasi,tempat makan dan jalan yang bagus juga tersedia di sini yang membuat liburanmu akan semakin nyaman.Oke tak perlu basa basi lagi, berikut tempat-tempat wisata yang cocok untuk foto-foto narsismu :



1. Umbul Ponggok Klaten.
photp by instagram @klatenisme @monikliciius


Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata di Klaten Jawa Tengah, Umbul Ponggok lokasinya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Tempat wisata ini merupakan sebuah kolam besar yang berukuran 6000 meter persegi yang juga memanfaatkan sumber mata air sehingga airnya cukup jernih. Di kolam ini terdapat ikan air tawar dan dasar kolamnya merupakan pasir, sehingga wisatawan bisa snorkeling sambil melihat ikan berwarna-warni disini.
Harga Tiket Masuk dan Sewa Alat Umbul Ponggok
Harga Tiket Masuk/orangRp 5.000
Sewa Masker atau SnorkelRp 10.000
Sewa PelampungRp 5.000
Sewa Kaki KatakRp 5.000
Sewa Kamera Underwater setengah jam/satu jamRp 60.000/100.000

Jam Operasional Umbul Ponggok Klaten

Jam operasional atau jam buka umbul ponggok klaten dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB, untuk yang ingin melakukan pemotretan disarankan datang di jam 07.00-09.00 WIB atau 14.00-16.00 karena di jam tersebut hasil potretan akan lebih jernih dan bagus.
2. Umbul Kapilaler Klaten.

Umbul Kapilaler adalah tempat pemandian putri yang masih digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Dasar kolam ini masih berupa batu dan tanah. Umbul ini berada di dekat sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum untuk dikemas menjadi air minum kemasan. Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. sebuah tempat pemandian yang masih sangat asri. Dengan dikelilingi pohon-pohon rindang, dan bebatuan alami, menjadikan tempat pemandian ini semakin sejuk dan tentu cocok untuk jadi tempat refreshing.


Umbul Kapilaler ini tidak dipungut tiket untuk menikmatinya. Jadi bisa dibilang kalau liburan di umbul ini adalah gratis. Umbul ini berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo.

3. Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo terletak di Kecamatan Jatinom, tepatnya di 10 kilometer utara Kota Klaten. Konon tempat ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1924 sehingga belum banyak mengalami perubahan, yakni terdapat beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda dan masing-masing kolam dipisahkan dengan dinding batu.

Tiket masuk pemandian ini Rp.4000,-/orang. Air di pemandian ini masih alami, tidak dikasih kaporit kaya pemandian-pemandian umum kebanyakan. Ada berbagai fasilitas yang disediakan pengelola, antara lain: toilet, kamar ganti pakaian, mushola, dan kantin.


4.Umbul Manten.


Umbul Manten ini lokasinya berada di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Keberadaannya sendiri tidak terlalu jauh dengan Umbul Ponggok. Jadi, mungkin kalian bisa berkunjung ke dua Umbul di Klaten ini secara sekaligus. Nggak ada ruginya kok apalagi harga tiket masuknya hanya 3.000.








5.Umbul Nilo.




Kejernihan air di Umbul Nilo dengan satu kolam utama ini memang tak diragukan lagi. Saking jernihnya, Batu-batuan koral yang ada di dasar kolam dapat terlihat dengan jelas. Disini juga terdapat ikan Nila yang ikutan berenang didalamnya.


Yang jelas kesegaran umbul ini nggak bisa ditolak untuk dijajal. Untuk yang mau bermain air, disini juga disewakan ban dalam untuk menambah keseruan berlibur ke Umbul Nilo. Untuk masuk ke Umbul Nilo, kalian hanya perlu membayar IDR 5.000 per orang dan parkir IDR 2000 saja.


6.Umbul Cokro.





Umbul Cokro merupakan sebuah wisata air Di Klaten yang menempati area seluas 15.000 meter persegi. Lokasinya persis berada di tepi aliran Kali Busur di Kecamatan Tulung, Klaten. Jika kalian ingin liburan ke tempat wisata Umbul Cokro, kalian bisa menuju kesana dengan mudah. Lokasinya kurang lebih berada 15 km di samping barat Kota Solo. Untuk menuju ke salah satu umbul di Klaten ini kalian bisa datang melewati jalur Solo – Kartosuro – Cokro.


Sebagai wisata air di Klaten, Umbul Cokro memiliki fasilitas yang lengkap seperti water sliding, kolam, dan taman air. Kolam pemandian yang ada disini adalah menggunakan sumber mata air Cokro yang berada tak jauh dari sana.


Untuk masuk ke tempat wisata Umbul Cokro kalian harus membayar tiket masuknya yang seharga IDR 11. 500 per pengunjung pada hari libur. Sementara itu, pada hari biasa, kalian hanya perlu membayar IDR 7.500 saja. Harga yang tak terlalu mahal untuk bisa menikmati suasana segar nan rindang di Umbul Cokro.
7.Candi Prambanan.

Catatan di wikipedia menyebut lokasi Candi Prambanan tergolong unik. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Jadi ada dua kecamatan bernama Prambanan, satu masuk wilayah Kabupaten Sleman dan satunya masuk Kabupaten Klaten.
Wisatawan Domestik/Nusantara
A.Umum (Umur 6 Tahun Keatas per Orang)
•    Candi Prambanan  : Rp. 30.000,-
B.Anak-anak (Umur Dibawah 6 Tahun) & Rombongan Pelajar/Mahasiswa
•    Candi Prambanan  : Rp. 12.500,-
* Per orang untuk setiap kali masuk dengan jumlah anggota rombongan
minimal 20 (dua puluh) orang bagi rombongan Pelajar atau Mahasiswa
WISATAWAN ASING
•    Candi Prambanan  : USD 18

8. Candi Plaosan.
photo by @klatenisne @iwanfadli_
Masih di kecamatan Prambanan. Sekitar 1 km ke arah timur dari Candi Prambanan kita akan menemukan candi lain yang tidak kalah megah. Candi yang dimaksud adalah Candi Plaosan. Candi ini berada di dukuh Plaosan, desa Bugisan. Candi Plaosan merupakan sebuah candi Buddha. Hal ini ditandai dengan adanya arca Buddha serta candi-candi pendamping yang berbentuk stupa. Kompleks candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada masa kerajaan Mataram Kuno. Kompleks candi sendiri dibagi menjadi dua yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Candi Plaosan ini juga memiliki arsitektur candi yang menarik, sangat cocok untuk tempat hunting foto landscape yang memukau


Harga tiket masuknya pun juga terjangkau hanya Rp.3000,-

9.Candi Sewu.




Candi Sewu Klaten berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Dari namanya kita bisa ketahui, bahwa candi ini memiliki jumlah seribu, tapi ternyata tidak demikian. Tepatnya, gugusan Candi Sewu terdiri atas 249 buah candi, terdiri atas 1 candi utama, 8 candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara. candi ini berdekatan dengan Candi Prambanan, yaitu kurang lebih 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang. Candi utama terletak di tengah, di ke empat sisinya dikelilingi oleh candi pengapit dan candi perwara dalam susunan yang simetris.

10. Candi Sojiwan.

Candi Sojiwan atau Candi Sajiwan adalah sebuah candi Buddhis yang terletak di desa Kebon Dalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sebuah ciri khas candi ini ialah adanya sekitar 20 relief di kaki candi yang berhubungan dengan cerita-cerita Pancatantra atau Jataka dari India. Dari 20 relief ini, tinggal 19 relief yang sekarang masih ada.
Candi ini terletak kurang lebih dua kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan, dari gerbang Taman Wisata Candi Prambanan meyeberang jalan raya Solo-Yogyakarta masuk ke jalan kecil menuju ke arah selatan, menyeberang rel kereta api, lalu pada perempatan pertama berbelok ke kiri (timur) sejauh beberapa ratus meter hingga candi terlihat di sisi selatan.

11.Candi Merak.




Candi Merak tepatnya berada di padukuhan Candi,desa Karangnongko,kabupten Klaten,provinsi Jawa Tengah. Menurut Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah luas kompleks candi Merak sekitar 2.000 meter persegi.Candi Merak terdiri dari satu candi induk yang menghadap ke timur dan tiga candi perwara yang semua menghadap ke barat ke arah candi induk.


Candi merak ini tidak dipungut tiket untuk menikmatinya. Jadi bisa dibilang kalau liburan di candi ini adalah gratis

12. Deles indah.
photo by innstagram @klatenisme @andysettyawan



Deles Indah merupakan objek wisata yang terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Merapi, sekitar 25 km dari pusat kota Klaten. Deles Indah berada di wilayah desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, dengan ketinggan antara 800 – 1300m di atas permukaan laut. Lokasi ini mempunyai potensi khusus suasana pemandangan alam pegunungan. Dari lokasi objek wisata Deles Indah dapat dilihat pemandangan puncak merapi dengan nyata, termasuk pemandangan kota Klaten, cerobong perusahaan Pabrik Gula Gondang Baru dan perusahaan Pabrik Gula Ceper Baru, demikian juga Rawa Jombor dengan jajaran gunung kapurnya.Lokasi Deles Indah sendiri terletak di bawah radius 10 km dari puncak Merapi ini sudah dihuni kembali. kini deles indah sudah dilengkapi spot foto yang unik yang pasti bakal menambah hasil fotomu menjadi lebih menarik.


Untuk harga tiketnya gak perlu kuatir untuk perorangnya gak lebih dari 10.000 kok.

13. Wisata desa Balerante

wisata yang berada di desa balerante, kemalang, klaten, jawa tengah kini mulai terkenal kembali berkat adanya spot foto yang menampakkan pesona gunung merapi yang sangat gagah. untuk bisa menikmatinya kita hanya perlu membayar seiklasnya saja.


14.Musium Gondang  Baru.






Museum gula ini banya menyimpan benda sejarah yang berkaitan dengan alat produksi pengolahan batang tebu menjadi kristal gula dan perkembangan teknologi didalamnya. Di sini pengunjung tidak hanya akan mendapat pengetahuan baru tentang sejarah perkebunan tebu dan gula tetapi juga bisa dijadikan altenatif wisata dengan suasana yang berbeda. Sebab di musium ini juga di sajikan kolam renang, dan wahana untuk bermain anak-anak.



Untuk dapat menikmati semua itu kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar 15.000/orang.


15. Hutan gergunung.





Hutan Kota Gergunung yang berlokasi di Jl. Ki Ageng Gribig , Gergunung, Klaten Utara , Klaten , Jawa Tengah. Disana anda akan disambut dengan burung-burung dara,dsb . Juga dengan sangkar burung yang dihias warna-warni yang membuat pengunjung terpesona. untuk masalah biaya sepertinya gratis, mungkin hanya membayar parkir .


16.Taman lampion klaten.




Taman Lampion, itulah nama sebuah taman di Klaten tepatnya di Kelurahan Bareng Lor, Klaten Utara, Klaten. Terletak sekitar 200 meter saja di samping jalan utama Klaten-Jogja. namannya memang taman lampion tapi isinya berupa bangunan cina, dengan taman yang dihiasi tanaman, juga pepohononan yang semakin membuat suasana di taman menjadi sejuk, dan menyenangkan. tidak ada pungutan biaya untuk masuk, hanya membayar tiket parkir motor sebesar Rp.2000'-

17. Rowo jombor.
photo by instagram @klatenisme @agus_harimahrdika

Warung Apung Rowo Jombor Klaten saat ini menjadi saah satu wisata air unggulan di Kabupaten Klaten. Pada hari Minggu dan hari libur banyak sekali warga Klaten dan sekitarnya yang menyempatkan datang untuk menikmati wisata kuliner sajian masakan air tawar di Warung Apung Rowo Jombor Klaten.

Lokasi Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Warung Apung Jombor terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

18. Masjid Agung Al-Aqsa.

photo by instagram @klatenisme @watik.dn


Ini bukan tempat wisata lo gaes, melainkan masjid termegah di klaten,jadi jika kamu berwisata di hutan gergunung atau kebetulan lewat di sekitar klaten utara bisa nih mampir ke sini  buat menunaikan ibadahnnya bagi yang beragama islam, tp di sini kamu juga bisa mengabadikan momenmu bersama masjid termegah ini.. jangan lupa ini kotak amal seiklasnnya gaes.


Itu beberapa tempat wisata di klaten yang bisa saya sebutkan, next time akan saya tambah lagi dengan tempat-tempat wisata yang menarik tak hanya di klaten tapi juga di luar klaten. jadi gimana masih mau mikir-mikir mau pergi kemana, apalagi dengan isi kantong yang pas-pasan.. 

jangn lupa kunjungi

Univervitas Amikom Yogyakarta 

Sekian dan Terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar